KH. Afifudin Muhajir: Manusia Terburuk adalah Penebar Kebencian

2

PesanKiai.com – KH Afifudin Muhajir, seorang kiai yang kian hari makin dikenal oleh umat Islam di Indonesia karena kepakarannya di bidang ahli ilmu ushul fikih, dalam salah satu ceramahnya menjelaskan tentang karakteristik manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pandangannya, manusia dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu manusia ideal, standar dan di bawah standar.

“Dalam konteks memberi manfaat kepada pihak lain saya bisa membagi manusia itu ada tiga bagian. Pertama manusia ideal, yang  kedua manusia standar dan yang ketiga adalah manusia di bawah standar,” ujar KH Afif.

Kiai yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’yyah Sukorejo, Situbondo tersebut menjelaskan, manusia yang paling baik adalah manusia yang dapat memberi manfaat terhadap orang lain, di samping itu juga tidak berbuat zalim atau merugikan pihak lain. Manusia seperti ini bisa disebut sebagai manusia yang ideal. Sebaliknya, manusia yang paling buruk adalah mereka yang selalu mengisi kehidupanya dengan kebencian, kezaliman dan kerusakan, baik kepada diri sendiri maupun orang lain.

Dalam penutupan ceramahnya, Kiai Afifudin menambahkan, orang yang berilmu sekalipun tanpa diimbangi oleh kemauan untuk berinteraksi dengan orang lain, maka orang tersebut tidak mungkin bisa memberi manfaat untuk sesamanya. Karena itu, sebagai seorang manusia, kita harus senantiasa memberi manfaat terhadap orang lain dan senantiasa menjalin hubungan yang baik.

“Manusia ideal adalah manusia yang banyak memberikan manfaat kepada orang lain dan tidak pernah berbuat madlarat, manusia standar adalah manusia yang tidak memberi manfaat dan madlarat, sedangkan manusia di bawah standar adalah orang yang suka membuat madlarat kepada orang lain dan tidak pernah memberikan manfaat kepada orang lain,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here