Gus Mus: Seorang Muslim Harus Bersikap Adil, Tidak Boleh Ekstrem

2

PesanKiai.com – Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Rembang, KH. Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus dalam salah satu ceramahnya menekankan pentingnya seorang Muslim untuk bersikap adil. Gus Mus memaparkan secara lugas hakekat sikap adil yang terkandung di dalam al-Quran yang harus dimiliki oleh setiap umat Islam.

Dalam pandangan Gus Mus, sikap adil hanya dimiliki oleh orang-orang yang bisa menempatkan dirinya secara proporsional. Ia tidak memihak salah satu golongan atau kelompok manapun. Apabila seseorang di dalam hatinya masih memiliki rasa keberpikahan dan berat sebelah terhadap kelompok tertentu, maka orang tersebut tidak bisa disebut sebagai orang yang adil.

“Adil itu tidak bisa dilakukan oleh mereka yang ekstrem ke sini, ekstrem ke sana. Anda kalau terlalu benci, anda tidak bisa adil, anda terlalu cinta tidak bisa adil, karena adil itu berada di tengah-tengah,” ujar Gus Mus.

Kiai yang terkenal dengan puisi-puisinya tersebut memberi pesan kepada umat Islam agar selalu menegakkan kebenaran dan keadilan yang dilandaskan atas rida Allah SWT. Pasalnya dalam mutakhir ini, banyak orang merasa dirinya paling benar, padahal apa yang dilakukan tidak mencerminkan sifat adil sama sekali. Hal itu karena sikap yang dimilikinya cenderung mencintai satu golongan tertentu dan lebih membenci terhadap kelompok yang lain.

Sikap semacam ini menurut Gus Mus tidak mencerminkan keadilan seseorang. Karena itu Gus Mus mengingatkan agar umat Islam senantiasa bersikap adil sebagai bentuk konkrit atas pengamalan pesan al-Qur’an agar setiap muslim harus senantiasa bersikap adil.

“Jadi kalau anda mau menegakkan kebenaran, sikap adil harus! karena Allah, jangan karena nafsu, jangan karena apapun”, pungkasnya.

 

Editor: Akhmad Khan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here