Quraish Shihab: Islam Menganjurkan Perdamaian

0 4

– Prof. Dr. Quraish Shihab dalam salah satu ceramahnya di Youtube menjelaskan tentang makna Islam secara komprehensif. Menurut dia, Islam adalah agama yang mengajarkan perdamaian, dan mengutuk keras segala bentuk permusuhan.

Tokoh yang juga pakar tafsir al-Quran terkemuka tersebut menjelaskan, pada hakikatnya semua agama menganjurkan perdamaian. Tidak ada satu pun agama yang meminta umatnya untuk menebar kebencian yang berakibat permusuhan.

Menurut dia, Islam pun menekankan pentingnya merajut perdamaian di antara umat beragama. Hal itu terbukti dari sebuah hadis Nabi yang mengajarkan untuk saling mendoakan ketika berjumpa dengan orang lain dengan mengucapkan salam, baik terhadap orang Islam maupun non-Islam.

“Satu hal yang perlu dicatat bahwa agama menganjurkan kita untuk menyebarluaskan perdamaian, kalau Islam sudah jelas sekali, bahwa Nabi memerintahkan bila bertemu dengan seseorang lalu ucapkanlah salam baik orang itu anda kenal atau tidak,” ungkapnya.

Ulama yang juga pendiri Institut Ilmu al-Quran itu menambahkan, makna Islam adalah menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Meskipun banyak interpretasi di kalangan ulama mengenai makna Islam, namun makna menyerahkan diri dapat menjadi benang merah antar berbagai pendapat di antara ulama.

Menurut dia, permusuhan tidak mencerminkan sama sekali nilai-nilai keislaman, justru hal itu membuktikan ketidakpasrahan seorang hamba kepada Allah SWT. Jika ada seorang Muslim yang menebarkan permusuhan, maka secara otomatis orang tersebut tidak memahami makna Islam itu sendiri.

“Islam bisa diartikan dengan berbagai macam tetapi benang merah yang menghimpunnya adalah menyerahkan diri, orang yang bermusuhan itu tidak menyerahkan diri kepada Allah SWT,” pungkasnya.

Laporkan Iklan Tidak Layak: Klik
loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.