Habib Luthfi: Ziarah Kubur Memberi Dampak Ekonomi

0 18

PesanKiai.com – Ziarah kubur merupakan tradisi yang begitu erat dalam kehidupan masyarakat Nusantara. Bahkan sampai saat ini, ziarah ke makam para wali menjadi tradisi yang banyak diminati oleh muslim Indonesia, terlebih menjelang bulan puasa ini. Salah satu alasan dari kuatnya animo masyarakat berziarah adalah untuk ngalap berkah, atau menginginkan keberkahan dalam hidup.

Mursyid Jam’iyyah Ahlit Thoriqoh Mu’tabaroh An Nadhliyyah (JATMAN), Habib Luthfi bin Yahya memberikan alasan yang cukup unik perihal manfaat ziarah kubur ke berbagai makam wali. Ia memaparkan, salah satu hikmah dari ziarah kubur adalah memberikan dampak peningkatan ekonomi terhadap masyarakat sekitar.

“Ziarah mengajarkan kita malu, para wali yang sudah meninggal beberapa ratus tahun lalu saja masih bisa memberikan manfaat terhadap orang yang masih hidup, sedangkan yang masih hidup malah membuat susah kehidupan di sekitarnya,” ungkapnya.

Habib Luthfi menambahkan bahwa di makam para wali tidak henti–hentinya dentuman tahlil dan bacaan al-Quran terus dilafdzkan. Hal ini menandakan bahwa semasa hidupnya para wali begitu teguh mensyiarkan agama Allah sehingga sampai meninggal pun masih sanggup mengumpulkan orang dalam kebaikan.

“Walaupun para wali sudah meninggal berabad–abad lamanya, namun mereka masih sanggup untuk mengumpulkan orang melantunkan kalimat thoyibah dan bacaan  al-Quran. Sedangkan kita ngaji habis maghrib saja masih belum bisa istiqomah,” pungkasnya.

 

Laporkan Iklan Tidak Layak: Klik
loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.