Habib Luthfi: Bergabunglah Dengan Organisasi yang Berlandaskan Aswaja

0 9

PesanKiai.com –  Di antara kewajiban bagi seorang Muslim adalah menjaga persatuan dan kesatuan umat. Salah satu upaya untuk memperkokoh persatuan tersebut adalah bergabung dengan organisasi Islam ala Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja). Organisasi Islam Aswaja yang turut memberi kontribusi bagi kokohnya kebangsaan dan keagamaan di Indonesia adalah Nahdlatul Ulama.

Pesan itu disampaikan mursyid Jam’iyyah Ahlit Thoriqoh Al Mu’tabaroh An Nahdhiyyah (JATMAN), Habib Luthfi bin YahyaHabib Luthfi bin YahyaHabib Luthfi bin Yahya. Dalam ceramahnya beliau menegaskan pentingnya orang Islam untuk mengikuti organisasi Islam ala Aswaja. Menurut Habib Luthfi, tidak cukup hanya mengklaim sebagai Muslim yang mengikuti paham Aswaja tanpa bergabung dengan organisasi Islam yang telah terbukti memegang prinsip Aswaja.

‘’Ada yang mengatakan sekarang yang penting Ahlussunnah saja, tidak usah ikut organisasi Nadhlatul Ulama, kalau begitu caranya ya bisa rusak,‘’ terang Habib Luthfi.

Tokoh yang juga dikenal sebagai sufi tersebut mencontohkan cara keberislaman di Arab Saudi yang mana pengaruh Wahabi sangat kuat. Di Arab Saudi, kekuasaan politik sangat dipengaruhi oleh doktrin Wahabi yang kaku dalam beragama sehingga kaum Sunni tidak leluasa menjalankan praktik ibadahnya.

“Lihatlah dulu saat Syarif Husain, penguasa Mekkah diusir oleh Raja Saud yang beraliran Wahabi, kenapa bisa begitu? Karena kaum ahlussunnah tidak bersatu dalam sebuah organisasi, sehingga kekuatan ahlussunnah pun gampang untuk dihancurkan,“ papar ulama yang senang bermain musik itu.

Menurut Habib Luthfi Penting menjaga persatuan dengan mengikuti organisasi Islam ala Aswaja demi terciptanya sikap toleransi dan manjaga Islam yang ramah. Hal itu karena corak Islam yang tumbuh di bumi Indonesia ini adalah Islam yang terbukti solid dan mampu menjadi fondasi kokoh tegaknya negara Republik Indonesia.

Laporkan Iklan Tidak Layak: Klik
loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.