Kiai Husein Muhammad: Islam Agama Rahmatan Lil ‘Alamin

2

PesanKiai.com – Di antara kewajiban umat beragama adalah senantiasa menebar kedamaian bagi umat agama lain. Sikap saling menghormati perbedaan yang ada merupakan nilai-nilai luhur yang diajarkan oleh setiap agama. Tentu saja sebagai umat beragama, kita harus memegang prinsip tersebut demi terciptanya perdamaian, ketentraman dan mencegah segala bentuk kerusakan yang memecah belah.

Pesan itu disampaikan KH. Husein Muhammad, pengasuh pondok pesantren Dar al-Tauhid Arjawinangun, Cirebon dalam ceramahnya di chanel Youtube. Dalam pernyataannya, beliau mengingatkan agar saling menghormati antar pemeluk agama satu dengan yang lainnya dan jangan sampai saling mencela. Karena hal tersebut dapat memancing permusuhan antar agama dan justru merugikan umat beragama itu sendiri.

“Jangan kamu mencaci maki mereka yang tidak menyembah kepada tuhanmu itu, apabila begitu maka mereka akan mencaci maki Tuhanmu juga. Jadi ketika kita mencaci maki Tuhan mereka, maka dengan sendirinya Tuhan kita akan dicaci maki oleh mereka,” ujarnya.

KH Husein juga menekankan bahwa agama Islam hakikatnya tidak pernah mengajarkan umatnya untuk berbuat kekerasan. Agama Islam diturunkan Allah SWT sebagai agama kasih sayang untuk semua alam, tidak memandang sekte atau agama tertentu. Bahkan, K.H Husein meyakini bahwa dasar agama Islam adalah perdamaian, bukan hanya untuk umat Islam, melainkan juga untuk umat manusia dan seluruh alam semesta.

“Saya selalu mengatakan bahwa dasar Islam adalah damai, keselamatan bagi orang lain, rahmatan lil alamin, kasih sayang bagi semua alam semesta, di situ bukan hanya untuk orang Islam,” pungkasnya.

Oleh karena itu, tugas seorang Muslim adalah senantiasa menebar perdamaian dalam kehidupanya, mengasihi sesama, dan menolong orang yang membutuhkan. Karena sikap seperti itu merupakan nilai mulia yang seharusnya dilakukan oleh setiap umat beragama.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here