Seni dan Olahraga Perkuat Aswaja

2

PesanKiai.com – Pusat Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) akan menyelenggarakan perhelatan Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif NU Nasional (Porsemanas) di Malang, Jawa Timur pada Juli 2018. Menurut Ketua LP PP Ma’arif, KH Arifin Junaidi, perhelatan ini merupakan gelaran perdana dan suatu upaya untuk memperkuat Ahlussunnah wal Jama’ah (aswaja).

“Melalui seni hadrah, qasidah, syahril Al-Qur’an, bela diri, dan berbagai macam cabang olahraga yang dapat memotivasi kebersamaan dalam keberagamaan secara otomatis mampu memperkuat Aswaja,” ujar Kiai Arifin Senin (9/4) di Kantor PBNU Jakarta.

Kegiatan ini bisa dikatakan unik karena biasanya pengajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah dilakukan di forum-forum keagamaan di pesantren. Akan tetapi, dalam kegiatan ini justru diterapkan dalam ajang olahgara dan seni. Menurut Kiai Arifin, Pekan olahraga dan seni yang digelar oleh LP MA’arif ini diakui secara nasional. Hal itu bisa dibuktikan dengan pengakuan KONI atas terselenggaranya acara ini.

“Dan satu-satunya pekan olahraga dan seni yang digelar oleh lembaga pendidikan swasta. Ini diakui oleh KONI,” jelasnya.

Kiai Arifin melanjutkan bahwa selama ini siswa-siswi asal pesantren memiliki prestasi yang membanggakan. Bahkan dalam bidang-bidang tertentu prestasi para santri luar bisa karena acapkali menjadi juara baik pada level nasional maupun internasional.

“Terbukti dengan siswa-siswi Ma’arif yang menjadi juara-juara berbagai lomba selama ini, baik di ajang olimpiade maupun lomba-lomba seperti keahlian di bidang tertentu,” ujarnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here