Ketika Perempuan Arab Saudi Tidak Bercadar

0 7

PesanKiai.com – Era baru Arab Saudi dideklarasikan oleh Muhammad bin Salman, Putera Mahkota Arab Saudi untuk memastikan negerinya semakin terbuka dan moderat. “Saya ingin Arab Saudi seperti sebelum tahun 1979, yaitu Arab Saudi yang normal seperti negara-negara Muslim lainnya”, ujar Putera Mahkota Arab Saudi.

Ia menambahkan, wajah Arab Saudi pada tahun 60-an dan 70-an bisa dilihat di foto-foto yang tersebar di internet. Semuanya menunjukkan kehidupan yang biasa, seperti negara-negara lainnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Arab Saudi menggelar sejumlah konser musik, baik mendatangkan musisi asing dari Barat maupun musisi dari Timur-Tengah. Pemandangan yang menarik, dari konser-konser tersebut kita melihat adanya antusiasme dari kaum perempuan.

Yang menarik dari pemandangan tersebut, kita tidak mendapatkan perempuan Arab Saudi yang tidak memakai cadar, sebagaimana lazimnya kita lihat saat melaksanakan ibadah umrah dan haji. Maklum, Arab Saudi dikenal sebagai trendsetter Cadar ke dunia Islam, termasuk juga Iran.

Dalam konser-konser yang berlangsung di Arab Saudi, kita akan mudah melihat kecantikan dan keanggunan wajah perempuan Arab Saudi. Misteri terungkap, karena ternyata perempuan Arab Saudi mempunyai wajah perpaduan antara Arab dan Asia. Indah sekali.

“Kami ingin perempuan menggunakan yang pantas dan sopan. Tidak lagi seperti yang kita lihat pada beberapa tahun terakhir. Perempuan sendiri yang menentukan pakaian yang sopan dan pantas bagi mereka”, ujar Muhammad bin Salman dalam wawancara dengan CBSnews beberapa waktu yang lalu.

Meskipun demikian, Muhammad bin Salman menyatakan, pihaknya tidak bisa memberikan hak asasi manusia yang sebebas-bebasnya seperti di Barat, karena ia meyakini Arab Saudi mempunyai tradisi dan kekhasan sendiri. “Tentu kami tidak bisa menerapkan hak asasi manusia sebebas-sebasnya seperti di Barat, karena kami mempunyai tradisi dan pakem sendiri”, pungkasnya.

Itu artinya Arab Saudi mulai meninggalkan cadar yang selama ini sudah menjadi bagian dari tradisi, khususnya kaum perempuannya. Mereka diberi kebebasan untuk memilih untuk bercadar dan tidak bercadar. Dan dari pemandangan yang ada dalam beberapa konser musik di Arab Saudi, kita dapat melihat rupanya sebagian besar perempuan Arab Saudi memilih untuk tidak bercadar.

Arab Saudi memang akan memasuki era baru yang berbeda dengan era-era sebelumnya. Pada bulan Juni nanti, Perempuan akan boleh mengemudikan kendaraan sendiri. Mereka juga akan membuka lapangan pekerjaan, berbisnis dan masuk militer.

Pada 18 April yang akan datang, warga Arab Saudi akan dapat menonton film di bioskop-bioskop. Dan perempuan akan berbondong-bondong mendatangi bioskop. Konon, film yang akan diputar pertama kali adalah film Black Panther.

Laporkan Iklan Tidak Layak: Klik
loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.