Kiai Masdar: Keadilan Prinsip Agama Islam

2

PesanKiai.com, Menegakkan keadilan merupakan salah satu ajaran di dalam agama Islam. Setiap muslim harus senantiasa bersikap adil dengan tidak berpihak pada kelompok atau golongan tertentu. Sikap yang tidak adil, seperti berpihak terhadap kelompok lain dan cenderung berat sebelah, maka itulah ketidakadilan, dan Islam mengecam sikap seperti itu.

Pesan itulah yang disampaikan tokoh Nahdlatul Ulama (NU), KH Masdar Farid Mas’udi dalam salah satu ceramahnya yang diunggah dalam Youtube. Ia menekankan pentingnya konsep keadilan di dalam Islam. Menurut Kiai Masdar, selain aspek keimanan, Islam sangat menekankan akan pentingnya keadilan.

“Pesan Islam yang paling diutamakan kecuali dalam konteks dogma keimanan kepada Tuhan adalah konsep sosial, yang paling digarisbawahi adalah keadilan,” ujar Kiai Masdar.

Menurut Kiai Masdar, keadilan menjadi hal penting setelah iman kepada Allah. Sifat adil dalam konteks sosial seharusnya tidak digunakan untuk satu golongan tertentu, melainkan berlaku untuk seluruh manusia, tidak memandang golongan apapun dan manapun. Segala bentuk pandangan dan sikap yang berat sebelah dan cenderung berpihak pada kalangan tertentu, merupakan sikap yang dapat merusak konsep keadilan.

“Pandangan sekterian ini yang merusak konsep keadilan yang pada dasarnya inklusif,” tambahnya.

Intelektual Nahdlatul Ulama tersebut berpesan agar setiap muslim dapat mengaplikasikan nilai-nilai keadilan ke dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Hal itu karena sejatinya tidak ada yang membedakan antara manusia satu dengan yang lainnya, kecuali amal salehnya.

“Sentimen kelompokmu terhadap kelompok lain tidak boleh merusak komitmenmu untuk menegakkan keadilan. Karena keadilan itu nilai yang universal dan memandang seluruh manusia itu sama, sederajat, yang membedakan adalah amal shaleh,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here