Grand Syaikh al-Azhar: Jaga Persatuan dan Jangan Mudah Mengafirkan

2

PesanKiai.com, Umat Islam harus terus mendorong persatuan untuk mewujudkan tatanan sosial yang lebih baik. Pasalnya, umat terpecahbelah akibat maraknya penggunaan media sosial untuk menebarkan fitnah di antara sesama Muslim.

Hal tersebut disampaikan oleh Grand Syaikh al-Azhar, Syaikh Ahmed Tayyeb dalam dialog terbuka bersama Kiai Said Aqil Siroj dengan tema “Dari Islam Nusantara menuju Perdamaian Dunia” di kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. “Saya berterima kasih atas peran yang sudah dilakukan NU untuk menjaga persatuan sesama umat dan mengatasi masalah ekstremisme. Apalagi pada zaman maraknya media sosial yang kerap menebarkan fitnah, maka persatuan sesama Muslim semakin relevan”, ujar Syaikh Ahmed Tayyeb.

Dalam rangka mewujudkan persatuan, menurut Grand Syaikh al-Azhar, diperlukan sebuah upaya untuk mencari persamaan dan menanggalkan perselisihan. “Kita perlu mencari titik-temu dan meninggalkan berbagai perseteruan karena perbedaan mazhab dan orientasi politik”, tegas sosok yang juga dikenal sebagai sufi ini.

Salam satu aspek yang sangat penting untuk menjaga persatuan sesama Muslim, perlu sebuah upaya yang serius untuk meninggalkan pengafiran sesama Muslim. “Dalam mazhab Imam Abul Hasan al-Asy’ari sangat jelas perihal prinsip larangan mengafirkan pihak yang berbeda mazhab sejauh dia menghadap kiblat”, pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here