Yenny Wahid: Islam Indonesia Mengangkat Derajat Kaum Perempuan

2

PesanKiai.com, Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, bahkan dalam konteks global Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Selain itu, hal yang menjadi unik di Indonesia adalah keterlibatan perempuan dalam pembangunan bangsa, di mana tidak banyak negara muslim di dunia yang memberi peran terhadap perempuan untuk pembangunan bangsanya.

Menurut Yenny Wahid, dalam salah satu ceramahnya di Youtube, perempuan Indonesia mesti bersyukur memiliki negara yang memberikan keluasan kepada kaum perempuan dalam pembangunan bangsanya. “Indonesia ini unik, walaupun secara kultur kebanyakan masyarakatnya adalah muslim, tetapi Islam di Indonesia memberikan keluasan yang sangat besar kepada kaum perempuan,” ujar puteri Gus Dur tersebut.

Tokoh perempuan Indonesia yang juga sebagai direktur Wahid Foundation tersebut menambahkan, masyarakat muslim Indonesia telah berhasil menerapkan esensi ajaran Islam yang memberikan peluang kepada kaum perempuan untuk turut berkontribusi dalam berbagai aspek kehidupan sebagaimana telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Menurut Yenny, Nabi Muhammad SAW diutus salah satunya untuk menjunjung tinggi derajat perempuan dan membebaskan perempuan dari segala bentuk diskriminasi. Pada masa jahiliyah, sebelum Nabi diutus, perempuan kerapkali memperoleh perlakuan tidak adil oleh kaum laki-laki. Karena itu Islam hadir untuk meninggikan derajat kaum perempuan.

“Dan ini sesuai dengan ajaran Islam ketika nabi pertama mendapatkan pesan tentang Islam. Maka yang dilakukan pertama kali oleh Nabi adalah memerdekakan perempuan dari keterkungkungan. Perempuan yang dulunya objek, disia-siakan, tidak ada harganya, oleh Nabi ditempatkan di tempat yang sangat terhormat,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here