Mbah Moen: Umat Islam Harus Menghargai Perbedaan

0 7

PesanKiai.com, Kerukunan di antara umat beragama merupakan suatu keniscayaan, terutama di Indonesia sebagai negara yang memiliki keberagaman agama, suku dan budaya. Masing-masing umat beragama harus senantiasa menunjukkan sikap saling menghormati perbedaan yang ada agar perdamaian terus menjadi pemandangan yang indah di negeri ini. Islam pun menganjurkan kepada umatnya agar senantiasa menghargai perbedaan yang ada.

Pesan itulah yang disampaikan Kiai Maimun Zubair dalam salah satu ceramahnya di pesantren Al-Anwar, Sarang yang diuggah dalam akun Youtube. Menurut Kiai yang biasa disebut Mbah Moen tersebut, umat Islam jangan sampai bertengkar dengan umat agama lain hanya karena soal perbedaan keyakinan semata.

“Kita jangan bercekcok dengan agama lain. Agama Islam adalah agama yang sebagian besar dipeluk rakyat Indonesia,” ujar Kiai yang juga Mustasyar PBNU tersebut.

Kiai yang juga tokoh sepuh Nahdlatul Ulama (NU) tersebut melanjutkan, Islam tidak akan tumbang di Indonesia, bahkan di dunia. Karena itu, jangan pernah berkonflik dengan umat agama lain hanya karena menduga Indonesia akan direbut oleh agama tertentu.

“Islam itu ibarat pohon kurma, yang kuat dan tidak akan tumbang. Akarnya, kuat tertancap di bumi dan cabangnya ada di langit. Buah kurma juga pemberi buah-buah tanpa memandang musim, baik itu musim kemarau maupun musim hujan,“ pungkasnya.

Laporkan Iklan Tidak Layak: Klik
loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.