Kiai Husein Muhammad: Pemarah Adalah Orang-orang Kalah

2

PesanKiai.com, Sikap marah merupakan perbuatan yang sangat tidak dianjurkan dalam ajaran Islam. Di samping dapat menimbulkan kerusakan kepada diri sendiri, sikap marah juga berpotensi menimbulkan mudarat terhadap orang lain. Oleh karena itu, sikap marah merupakan salah satu sikap yang paling dikecam oleh agama Islam.

KH Husein Muhammad, Pengasuh Pondok Pesantren Arjawinangun Cirebon dalam akun twitternya (29/4), mengungkapkan sisi negatif dari sikap orang-orang yang acakali menampilkan perilakunya dengan marah. Secara eksplisit Kiai Husein menegaskan, pemarah sejatinya adalah orang-orang yang telah kalah dan akan senantiasa kalah.

“Mereka yang marah adalah orang-orang yang sudah dan akan kalah,” ujar Kiai yang dikenal juga sebagai pakar feminisme Islam.
Selain sikap marah, Kiai Husein juga menjelaskan tentang sisi buruk dari sikap sombong. Menurut Kiai Husein, sikap sombong merupakan awal dari segala kejahatan dan hanya mungkin dilakukan oleh seseorang yang berjiwa rendah dan berpikir dangkal.

“Arogansi merupakan akar dan awal segala kejahatan. Ia hanya dilakukan oleh orang yang berjiwa rendah dan berpikiran dangkal,” tulisannya.

Kiai Husein menambahkan, setiap orang baik yang berpendidikan dan berwawasan luas, dapat dipastikan tidak akan bersikap sombong. Hal itu karena semakin luas pengetahuan seseorang, maka semakin arif pula sikap dan perbuatan seseorang.

Selain itu, dengan pengetahun seseorang tidak akan mudah untuk berperilaku kasar, justru orang berpengetahuan akan senantiasa sabar dan menjaga segala bentuk yang dapat memunculkan sikap marah.

“Orang baik dan berpengetahuan tak akan bersikap arogan, kasar dan tak memelihara marah,” ungkap Kiai lulusan al-Azhar Kairo, Mesir itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here