Biografi Ibnu Khaldun: Karya Ilmiah dan Sumbangan Akademik - PesanKiai.com

Biografi Ibnu Khaldun: Karya Ilmiah dan Sumbangan Akademik

Kajian-monumental Ibnu Khaldun adalah Kitab al-Ibrar wa Diwan al-Mubtada’ wa al-Khabar fi Ayyam al-‘Arab wa al-‘Ajam wa al-Barbar (“Buku tentang contoh-contoh dan Kumpulan Sejarah Asal-usul Bangsa Arab dan Berber”), sebuah karya empiris tentang sejarah bangsa Arab dan Berber sebanyak beberapa jilid. Muqaddimah sejatinya merupakan sebuah penduhuluan bagi ‘Ibrar. ‘Ibrar adalah bagian deskriptif dari sejarah, sedangkan Muqaddimah  mendiskusikan sebab-sebab pokok dan makna bathiniah sejarah.

Dalam Muqaddimah itulah Ibnu Khaldun memberi nama khusus pada ilmu masyarakat manusia. Kitab al-‘Ibar terdiri dari sebuah pendahuluan dan tiga buku (jilid) besar. Bagian pendahuluan merupakan bagian kecil dari ‘Ibar. Bagian pendahuluan untuk Buku Satu menegaskan manfaat historiografi dan juga mendiskusikan pelbagai kesalahan para sejarawan, yang kiranya akan diperbaiki oleh Kitab al-‘Ibar.

Buku Satu (Kitab al-Awwal) itulah yang kemudian disebut Muqaddimah. Buku ini mempunyai pendahuluan tersendiri dan enam bab. Mungulas tentang masyarakat dan sifat-sifat pentingnya. Membicarakan pelbagai topik seperti otoritas, pemerintahan, ragam mata pencaharian, keterampilan dan ilmu pengetahuan, dan terdiri dari enam bab panjang (fasl).

Buku Dua (Kitab al-Tsani) berisi sejarah dinasti-dinasti Arab sejak masa pra-Islam hingga masa Islam, dan juga mendiskusikan orang-orang non-Arab dan dinasti-dinastinya seperti Persia, Suriah, Koptik, Israel, Nabasia, Yunani, Bizantium, dan Turki. Buku Tiga (Kitab al-Tsalits) berisi sejarah bangsa Berber dan memusatkan perhatian pada otoritas kerajaan dan dinasti-dinasti Maghribi. Seluruh Kitab al-‘Ibar yang diterbitkan berjumlah tujuh jilid. Jilid pertama berisi Muqaddimah dan Buku Satu. Buku Dua terbagi menjadi jilid 2-5, sedangkan Buku Tiga terdiri dari jilid 6 dan 7.

Authobiografi Ibnu Khaldun dilampirkan pada bagian akhir Kitab al-‘Ibar. Judul aslinya adalah al-Ta’rif bi Ibn Khaldun Mu’allif Hadza al-Kitab wa Rihlatuhu Gharban wa Syarqan (Informasi tentang Ibn Khaldun, Pengarang Buku ini, dan perjalanannya ke Timur dan Barat). Bagian ini dianggap bagian yang tak terpisahkan dengan al-‘Ibar.

Karya-karya Ibnu Khaldun termasuk Lubab al-Muhassal fi Ushul al-Din (Ringkasan Dasar-dasar Agama), yang merupakan ringkasan dari buku Fakhr al-Din al-Razi (w. 606/1209) berjudul Muhash-shal Afkar al-Mutaqaddimin wa al-Muta’akhirin min al-‘Ulama wa al-Hukama’ wa al-Mutakallimin (“Himpunan Ilmu-ilmu Lama dan Modern”), dan Syifa’ al-Sa’il (Penyembuhan Para Pencari), sebuah karya tasawuf.

Di samping karya-karya di atas, Ibnu Khaldun konon menghasilkan lima karya lainnya: sebuah ulasan tentang Burdah karya al-Busiri (w. 695/1294), sebuah kerangka logika, sebuah risalah aritmatika, ringkasan karya-karya Ibnu Rusyd (w. 595 H/1198 M), dan sebuah uraian atas puisi karya Ibn al-Khatib. Karya-karya ini, yang belum sampai kepada kita, disebutkan oleh Ibnu al-Khatib, seorang teman dekat Ibn Khaldun, dan juga penulis biografinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Biografi Ibnu Khaldun: Karya Ilmiah dan Sumbangan Akademik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel