Difabel dan Disabel, Membaca Buku "Fiqih Penguatan Penyandang Disabilitas" - PesanKiai.com

Difabel dan Disabel, Membaca Buku "Fiqih Penguatan Penyandang Disabilitas"

Difabel dan Disabel, Membaca Buku "Fiqih Penguatan Penyandang Disabilitas"

PESANKIAI - Setelah menyimak siaran langsung Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat - P3M pembahasan tetang tema difabel dalam Munas NU dapat ilmu baru. Seseorang menjadi tidak mampu (disable) bukan karena perbedaan kondisi yg melahirkan perbedaan kemampuan (difable alias different ability). Orang difabel menjadi disabel ketika kebutuhan khasnya yang berbeda dengan khalayak diabaikan. Sebaliknya jika kebutuhan khasnya diakomodir, maka menjadi mampu (able) seperti lainnya.

Mampu apa? Mampu mengakses, meraih kesempatan, mengontrol sumber daya, dan memperoleh manfaat yang sama dengan lainnya.

Dari apa? Kebijakan negara sebagai warga negara, kemaslahatan agama sebagai umat beragama, kearifan masyarakat sebgagai anggota masyarakat, dan kesejahteraan keluarga sebagai anggota keluarga.

Khalayak tidak bisa menjadi standar bagi mereka. Mestinya mereka juga sama-sama menjadi standar. Jadi, standar kebijakan, kemaslahatan, kearifan, dan kesejahteraan mereka sama dengan khalayak, sambil memperhatikan kondisi dan kebutuhan khas mereka yang berbeda.

Akar ketidakadilan tidak terletak pada kondisi difabel yang berbeda tapi pada cara menyikapi perbedaan. Yakni peduli atau tidak. Relasi timpang dengan pihak lain melahirkan sikap pengabaian yang menidakmampukan.

Semoga pembahasan tema difabel di Munas ini menjadi tonggak penting untuk peduli pd kondisi dan kebutuhan khas mrk d berbagai sendi kehidupan. Amin yra

Pamulang, 24 Nov 2017

Oleh: Nur Rofiah
Editor: Noor Ahmad

Selamat buat P3M yg terus lakukan kajian isu ini hingga bias terbit jadi buku. Monggo yg minat beli hub staf P3M mbak Qonita di +6285747451475 atau inbox di media sosial P3M - @P3MOnline

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Difabel dan Disabel, Membaca Buku "Fiqih Penguatan Penyandang Disabilitas""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel