Ini Doa-doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah SAW - PesanKiai.com

Ini Doa-doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah SAW

Ini Doa-doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah SAW
Ilustrasi Melunasi Hutang
PESAN KIAI - Hidup tak bisa lepas dari kesusahan. Satu waktu kita dihadapkan pada beban hutang menumpuk yang kerap tak kunjung dapat kita lunas. Rasulullah SAW mengajarkan doa-doa agar hutang yang kita miliki cepat lunas. Diantaranya doa-doa pelunas hutang yang langsung diajarkan dan diamalkan para sahabat. 

Berikut ini doa-doa agar kita dapat cepat melunasi hutang yang Diajarkan Rasulullah SAW:

Pertama, doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada Abu Umamah r.a. tatkala bersusah hati oleh karena tanggungan hutang:

اَلّٰلهُمَّ اِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَالْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَ قَهْرِ الرِّجَالِ


ALLOOHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MINAL HAMMI WAL HAZANI, WA A’UUDZU BIKA MINAL ‘AJZI WAL KASALI, WA A’UUDZU BIKA MINAL JUBNI WALBUKHLI, WA  A’UUDZU BIKA MIN GHOLABATID DAINI WA QOHRIRIJAAL.

“Ya ALLAH, sesungguhnya aku berlindung kepadaMU dari kebingungan dan kesedihan.Aku pun berlindung kepadaMu dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung kepadaMU dari  jiwa pengecut dan sifat kikir. Aku berlindung kepadaMU dari terlilit hutang dan dikuasai orang lain.”

Lalu Abu Umamah rutin membaca doa ini tiap pagi dan sore masing-masing 3x. Tidak berapa lama ia mampu membayar hutang-hutangnya (H.R.Abu Dawud)

Berdasarkan doa ini, maka siapa saja yang mau hutang-hutangnya terbayar lunas secepatnya, hendaklah ia keluar dari kebingungan yang membelitnya, menepiskan kesedihan yang menimpa dirinya, harus memperkuat jiwa dan fisiknya, rajin bekerja, serta berani menghadapi tantangan dan segala resiko. Dan yang terpenting adalah rajin bersedekah, jangan pelit.Karena sedekah itu memancing datangnya rezeki yang berlimpah.

Kedua, doa yang di ajarkan Rasulullah SAW kepada Muadz bin Jabal RA yang apabila diamalkan, niscaya ALLAH  SWT melunaskan hutang-hutang kita sekalipun sebesar gunung emas yang menjulang setinggi langit, yaitu :

اَلّٰلهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَ تَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ، وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَ تُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَحْمٰنَ الدُّنْيَا وَالْأَخِرَةِ ، تُعْطِيْهُمَا مَنْ تَشَاءُ وَ تَمْنَعُهُمَا مِمَّنْ تَشَاءُ ، اِرْحَمْنِيْ رَحْمَةً تُغْنِيْنِيْ بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ


ALLOOHUMMA MAALIKAL MULKI, TU’TL MULKA MAN TASYAA’U WA TANZI’UL MULKA MIMMAN TASYAA’U, WA TU’IZZU MAN TASYAA’U WA TUDZILLU MAN TASYAA’U, BIYADIKAL KHOIR, INNAKA ‘ALAA KULLI SYAI’ING QODIIR ROHMAANAD DUNYA WAL AAKHIROH, TU’THIIHUMA MAN TASYAA’U WA TAMNA’UHUMAA MIMMAN TASYAA’U, IRHAMNII ROHMATAN TUGHNIINII BIHAA ‘ARROHMATI MAN SIWAAKA.”

“Ya Allah, pemilik segala kerajaan (langit dan bumi), Engkau memberikan kekuasaan kepada siapa saja yang Engkau kehendaki.Dan mencabut kekuasaan dari siapa saja yang Engkau kehendaki.Engkau yang memuliakan siapa saja yang Engkau kehendaki, dan merendahkan siapa saja yang Engkau kehendaki. Di genggaman-MU-lah segala kebaikan.Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Duhai Yang Maha Mengasihi di dunia dan akherat, Engkau mencurahkan kasih sayang-MU kepada siapa saja yang Engkau kehendaki(di dunia dan akhirat) serta Engkau menahan kasih-sayang-MU kepada siapa saja yang Engkau kehendaki. Maka kasihilah aku dengan suatu rahmat yang mencukupkan daku  dari kasih sayang selain-MU.”(H.R. At-Thabrany)

Doa ini bisa dibaca kapan saja, terutama setiap sholat fardhu atau setelah sholat tahajjud dan sholat dhuha 3x.

Ketiga, Doa yang diajarkan Rasulullah SAW kepada Siti Aisyah r.a. di mana do’a ini telah diajarkan oleh Nabi ‘Isa a.s. kepada murid-muridnya (kaum Hawariyyin) yang apabila diamalkan niscaya ALLAH SWT akan melunaskan hutang-hutang kita kendati sebesar gunung emas, yaitu :


اَلّٰلهُمَّ فَارِجَ الْهَمِّ وَ كَاشِفَ الْغَمِّ وَ مُجِيْبَ دَعْوَةِ الْمُضْطَرِّيْنَ ، رَحْمٰنَ الدُّنْيَا وَالْأَخِرَةِ وَ رَحِيْمَهُمَا، أَنْتَ تَرْحَمُهُمَافَارْحَمْنِيْ بِرَحْمَةٍ تُغْنِيْنِيْ بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ


ALLOOHUMMA FAARIJAL HAMMI WA KAASYIFAL GHOMMI, WA MUJIIBA DA’WATIL MUDHTHORRIIN, ROHMAANAD DUNYA WAL AAKHIROH WA ROHIIMAHUMAA, ANTA TARHAMUHUMAA FARHAMNII BIROHMATIN TUGHNIINII BIHAA ‘ARROHMATI MAN SIWAAKA.

“Ya Allah, Dzat yang dapat melepaskan duka dan menghilangkan kebingungan serta Yang mengabulkan do’a orang-orang yang terdesak. Duhai Dzat Yang Maha Merngasihi dan Maha Menyayangi (hamba-hamba-Nya) di dunia dan akherat.Engkaulah yang mengasihi kami, maka kasihilah daku dengan suatu rahmat yang mencukupkan daku dari kasih sayang selain-Mu.”

Abu Bakar As-Shiddiq r.a berkata: “Aku berdo’a kepada Allah dengan do’a ini, lalu Allah melunaskan hutang-hutangku.”

Siti Aisyah r.a. berkata : “Aku berdo’a kepada Allah dengan do’a ini lalu aku diberi kemudahan oleh Allah sehngga dating rezeki yang bukan berasal dari sedekah orang atau hasil warisan yang dapat melunasi hutang-hutangku. Dan aku dapat membagi-bagikan rezeki kepada keluarga besarku dengan pemberian yang banyak serta dapat membelikan perhiasan kepada anak perempuan Abdurrahman sebanyak tiga timbangan emas, serta Allah memberi anugerah kepada kami dengan anugerah yang berlimpah.(H.R.Al-Hakim)

Doa ini bisa dibaca kapan saja, terutama setiap sholat fardhu atau setelah sholat tahajjud dan sholat dhuha 3x.

Keempat, doa yang dibaca Rasulullah s.a.w. untuk membayar hutang:


اَلّٰلهُمَّ رَبَّ السَّمٰوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَ رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، مُنْزِلُ التَّوْرَاةِ وَالْاءِنْجِيْلِ وَالْقُرْأَنِ، فَالِقُ الْحَبِّ والنَّوَى، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرٍّ كُلِّ شَيْءٍ ، أَنْتَ أٰخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ، أَنْتَ الْأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءُ ، وَ أَنْتَ الْأَخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءُ ، وَ أَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ وَ أَنْتَ البَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ ، اِقْضِ عَنِّيْ الدَّيْنَ وَ أَغْنِنِيْ مِنَ الْفَقْرِ


ALLOOHUMMA ROBBAS SAMAAWAATIS SAB’I WA ROBBAL ‘ARSYIL ‘AZHIIM. ROBBANAA WA ROBBA KULLI SYAI’IN, MUNZILUT TAUROOTI WAL INGZIILI WAL QUR’AAN, FAALIQUL HABBI WAN NAWAA. A’UUDZU BIKA MIN SYARRI KULLI SYAI’IN. ANTA AAKHIDZUM BINAASHIYATIHI.ANTAL AWWALU FALAISA QOBLAKA SYAI’UN, WA ANTAL AAKHIRU, FALAISA BA’DAKA SYAI’UN, WA ANTAZ ZHOOHIRU, FALAISA FAUQOKA SYAI’UN, WA ANTAL BAATHINU, FALAISA DUUNAKA SYAI’UN.IQDHII ‘ANNID DAINA WA AGHNINII MINAL FAQRI.

“Ya Allah Pengurus dan Pemelihara tujuh langit dan ‘Arsy (kerajaan) Yang Maha Agung. Duhai Tuhan kami, Tuhan yang mengurus dan memelihara segala sesuatu. Duhai Dzat Yang menurunkan Taurat, Injil, dan Al-Qur’an, Duhai Dzat Yang membelah (menumbuhkan) biji-bijian dan cikal korma, aku berlindung kepada-MU dari kejahatan segala sesuatu. Engkaulah yang mengendalikan jiwa-jiwa mereka. Engkaulah Yang Maha Awal, maka tiada sesuatu pun sebelum-MU. Engkaulah Yang Maha Akhir, maka tidak ada sesuatu pun setelah-MU. Engkaulah Yang Maha Nampak, maka tiada sesuatu pun yang lebih nyata dari-MU. Engkaulah Yang Maha Tersembunyi, maka tiada satu pun yang tersamar oleh-MU. Lusanilah hutang-hutangku, dan hindarkanlah aku dari kefakiran dengan mencukupkan daku.”(H.R. Ahmad dari Abu Hurairah r.a.)

Do’a ini bisa dibaca kapan saja, terutama setiap sholat fardhu atau setelah sholat tahajjud dan sholat dhuha 3x.

Kelima, doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada Sayyidina Ali r.a yang apabila diamalkan, niscaya ALLAH akan membayarkan hutang-hutang kita sekalipun menanggung hutang sebesar gunung, yaitu:

اَلّٰلهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَ أَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ


ALLOOHUMMAKFINII BI HALAALIKA ‘AN HAROOMIKA WA AGHNINII BIFADHLIKA ‘AMMAN SIWAAKA (3X)

“Ya ALLAH, cukupkanlah aku dengan rezeki halalMU daripada rezeki yang haram, dan perkayalah daku dengan karuniaMU dari siapa pun selainMU.”

Do’a ini sebaiknya dibaca 3x setelah sholat fardhu.

Oleh: KH. Cep Herry Syarifuddin

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Doa-doa Pelunas Hutang yang Diajarkan Rasulullah SAW"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel