Renungan Malam Untuku, Untukmu Yang Hampir Putus Asa Dengan Rahmat Gusti Allah - PesanKiai.com

Renungan Malam Untuku, Untukmu Yang Hampir Putus Asa Dengan Rahmat Gusti Allah

لايعظم الذنب عندك عظمة تصدك عن حسن الظن بالله تعالى، فإن من عرف ربه إستصغر فى جنب كرمه ذنبه


Jangan sarnpai dosa yang kau anggap besar menghalangimu berbaik sangka kepada-Nya. Siapa yang mengenal Tuhannya akan menganggap dosanya kecil jika dibandingkan dengan kemurahan-Nya (Syaikh Ibn Athailah Asakandari) 



Renungan Malam Untuku, Untukmu Yang Hampir Putus Asa Dengan Rahmat Gusti Allah

PESAN KIAI - Kita sebagai hamba tidak boleh beranggapan bahwa dosa yang sudah kita lakukan itu tidak mungkin diampuni sehingga membuat kita putus asa dari rahmat Gusti Allah. Anggapan semacam itu termasuk sikap tercela dan dapat merusak keimanan. Sikap itu bahkan lebih buruk daripada dosa yang kita lakukan. 

Hal itu mencerminkan ketidaktahuan kita tentang Allah dan memperlihatkan bahwa kita mengandalkan diri sendiri di hadapan Gusti Allah. Siapa yang mengenal Tuhannya dengan baik tentu akan mengetahui dosa apa saja yang tidak ada ampunan dan maafnya.

Lain halnya jika anggapan itu mendorong pelakunya untuk bertobat dan bertekad untuk tidak mengulanginya lagi. Ini adalah anggapan yang terpuji dan merupakan tanda keimanan seorang hamba.

Ibnu Mas‘ud berkata, “Seorang mukmin melihat dosa seperti melihat gunung yang besar. Ia takut dosa itu runtuh menimpanya. Sementara itu, seorang pendosa melihat dosa seperti melihat seekor lalat yang hinggap di hidungnya. Ketika ia menepisnya, lalat itu pun terbang dan hinggap kembali.” Ada yang berkata, “Semakin ketaatan seseorang dianggap kecil maka ia semakin besar di sisi Allah. Semakin maksiat dianggap besar maka ia akan semakin kecil di sisi-Nya.” Maqolah diatas sejatinya  mengajarkan kepada kita yang berlumuran dosa untuk tikdak mudah pustus asa dengan rahmat Allah Swt

Wallau 'alam bi shawab

(Disadur dari kitab Syaarah al Hikam)

Selamat beristirahat. Semoga kita termasuk orang yang tak kenal putus asa untuk selalu mengharap ampunam dari Allah swt

Oleh: Ustadz Abdul Wahab

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Renungan Malam Untuku, Untukmu Yang Hampir Putus Asa Dengan Rahmat Gusti Allah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel