Muslimah Pertama Anggota Kongres AS Akhirnya Bebas Berhijab di Parlemen - PesanKiai.com

Muslimah Pertama Anggota Kongres AS Akhirnya Bebas Berhijab di Parlemen

Ilhan Omar
Ilhan Omar
PESAN KIAI - Ilhan Omar, akhirnya dapat bernafas lega. Kebutuhan Dia sebagai seorang muslimah untuk menutup kepala dan sebagian wajahnya dapat leluasa dilakukan di Parlemen Amerika Serikat (AS). Ilham Omar merupakan muslimah pertama yang menjadi Anggota Kongres AS.

Dilansir Independent dan Daily Mail, Kamis (3/1/2019), Omar bisa mengenakan hijab di Kongres mulai Kamis (3/1) waktu setempat. Demokrat sebagai partai berkuasa telah menjalankan programnya untuk mengubah paket aturan dalam Gedung Parlemen, termasuk pengubahan aturan tentang penutup kepala.

Penutup kepala biasa termasuk topi bisbol dan topi koboi bakal tetap dilarang, namun perlengkapan religius termasuk hijab bakal dikecualikan dari aturan itu untuk Kongres ke-116 ini.

Aturan sebelumnya, sejak tahun 1837, Omar diperbolehkan mengenakan hijab di dalam Gedung Parlemen (US Capitol), namun tidak di dalam ruang sidang, tempat anggota Kongres memberikan aspirasi dan suaranya dalam proses legislasi.

Omar sendiri bersemangat untuk mengenakan hijab dalam acara pengambilan sumpah, Kamis (3/1) waktu setempat. "Tak ada satu pun yang mengenakan kain di kepala kecuali saya. Ini adalah pilihan saya -- pilihan yang dilindungi oleh amandemen pertama. Dan ini bukan larangan terakhir yang akan saya kerjakan supaya saya cabut," cuitnya di Twitter pada November usai dia terpilih.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS terpilih (belum resmi menjabat), Nancy Pelosi, dan Ketua Komite Aturan Dewan (belum resmi menjabat), Jim McGovern, mendukung keinginan Omar. (detik/noor)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Muslimah Pertama Anggota Kongres AS Akhirnya Bebas Berhijab di Parlemen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel