7 Amalan Agar Doa Cepat Terkabul

0 60
PESAN KIAI – Prinsip yang harus dipegang dalam berdo’a adalah bahwasanya tidak ada do’a yang tidak dikabulkan. Karena ALLAH sudah menjanjikan pasti mengabulkan semua do’a yang baik.
Tidak mungkin Dia mengingkari janjiNya. maka anggapan yang benar itu adalah semua do’a pasti dikabulkan, namun pengabulannya itu bisa cepat atau lambat yang masing-masing tergantung pada kehendakNya, pengetahuanNya terhadap apa yang terbaik buat hambaNya, baik berupa waktunya dan bentuk pengabulannya. jadi cepat atau lambatnya pengabulan doa itu mengandung hikmah yang besar buat hambaNya.
Lalu agar do’a cepat terkabul, maka langkah yang harus kita lakukan sebagai berikut :
1. Makanan dan minuman yang kita konsumsi harus halal.(H.R.Muslim)
Orang yang konsumsinya dari barang halal, do’anya akan sangat manjur, cepat diijabah oleh Yang Maha Kuasa. Sebaliknya jika orang mengkonsumsi barang haram walaupun hanya sesuap, maka do’a dan ibadahnya tidak akan diterima selama 40 hari. Apalagi jika sepiring barang haram yang disantap, sudah barang tentu do’anya akan tertunda bertahun-tahun untuk terijabah.
2. Sholat Fardhu di awal waktu . Barangsiapa yang mengistimewakan ALLAH dalam penghambaan dan pengabdian, niscaya Dia selalu siap menservis lebih baik. Apa saja yang dibutuhkan oleh hambanya itu, pasti segera diprioritaskan pemenuhan hajat-hajatnya.(H.R.Muslim)
3. Sholat Tahajjud. Ketika Nabi ditanya: “manakah do’a yang paling didengar oleh ALLAH? lalu Nabi menjawab : “Di pertengahan malam dan selesainya sholat fardhu.”(H.R.Ahmad)
4. Rajin bersedekah. Setelah berdoa hendaklah kita bersedekah. Sebab sedekah itu berfungsi sebagai “penajam” do’a. Orang yang dermawan ternyata makbul do’anya. Setiap kali ia membutuhkan pertolongan atas suatu kesulitan atau ancaman, maka ALLAH akan segera menolongnya (wasiat Nabi kepada Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)
5. Harus menanamkan keyakinan bahwa doa kita itu pasti dikabulkan.
6. Di awal dan akhir berdoa harus disertai membaca sholawat. Karena sholawat itu yang akan membuka pintu langit sehingga doa kita bisa menembus Arsy.
7. Membiasakan istighfar. Sebelum berdoa sebaiknya beristighfar terlebih dahulu untuk mengkifarati (menghapus)dosa-dosa kita. Lambatnya terkabul do’a seringkali diakibatkan oleh banyaknya dosa.(H.R.at-Tirmidzy dan al-Hakim) Maka untuk mempercepat terkabulnya do’a, kita harus memperbanyak istighfar.
Habib Luthfi bin Yahya dari Pekalongan pernah mengillustrasikan hal ini dengan ibarat orangtua yang membeli makanan dari pasar atau mal, lalu ketika pulang, anaknya menyambut seraya meminta kue dari pasar tersebut. namun sayangnya tubuh anak itu penuh dengan kotoran.
Tentu saja orangtuanya tidak segera memberikan kue itu hingga anaknya membershkan dulu tangan dan tubuhnya dari kotoran. Begitu juga ALLAH Ta’ala tidak akan segera mengabulkan permintaan hambaNya bila hamba tersebut masih penuh dengan lumpur dosa dan kotoran maksiyat.
Nanti setelah dosa-dosa tersebut dibersihkan dengan banyak istighfar dan sholat taubat, barulah pertolongan yang diharapkan niscayai segera datang, do’a yang dipanjatkan pasti segera terwujud.
Oleh: KH. Cep Herry Syarifuddin

Leave A Reply

Your email address will not be published.