Serat Wulangreh #16 – Perintah Kemungkaran Tak Perlu Ditaati

1 148

Di mata orang arif, kesabaran itu diuji dalam tiga hal. Pertama, ketika menghadapi ujian dari Allah. Ketika dihadapkan pada musibah,

Kedua, sabar dalam menunaikan perintahnya, beribadah dengan tulus, ikhlas, tidak bermalas-malasan. Mengerjakan perintah dengan sepenuh hati.

Ketiga, sabar dalam meninggalkan larangan dan kemaksiatan. Dalam konteks ini, kadang kesabaran kita diuji ketika ajakan untuk berbuat maksiat atau kemungkaran itu datang dari orang terdekat kita, mereka yang kita hormati, baik karena hubungan kerja, karena senior kita, atau misalnya ada perasaan tidak enak karena solidaritas dengan kawan. Di sinilah kesabaran dan keteguhan kita ini diuji. Dalam level ini, kita diuji untuk dapat mengatakan tidak atas ajakan itu.

Ngaji Serat Wulangreh kali ini mengetengahkan hal tersebut. Bagaimana kita harus mampu menempa diri agar tahan banting menjaga keteguhan diri kita untuk menjauhi kemungkaran. Simak Ngaji Wulangreh, “Perintah Kemungkaran Tak Perlu Ditaati“, masih di Channel Ensiklo Java Bersama Kang Suraji.

1 Comment
  1. […] Ayat Al-Quran yang Membuat Rasulullah Menangis […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.