#39 Filosofi Pohon Berbuah – Manfaat Mengamalkan Ilmu bagi Generasi

0 326

Filosofi Pohon

Setiap orang pasti senang dan terhibur melihat indahnya pemandangan pohon. Suka berteduh di bawahnya. Menikmati buah lezatnya. Memanfaatkan oksigen yang dihasilkannya dan menyerap karbon dioksida yang kita keluarkan. Bahkan memanfaatkan setiap helai daun, serabut akarnya dan kayunya untuk berbagai macam kepentingan. Pohon adalah paru-paru dunia. Itulah perumpamaan seorang muslim.
“Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit. Pohon itu memberikan buahnya pada Setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.” (Ibrahim: 24-25)
Begitupun dengan ilmu pengetahuan apabila manusia memiliki ilmu pengetahuan maka hendak nya ia mengamalkan ilmu nya walaupun hanya sedikit. Apabila ilmu tersebut tidak di amalkan, maka manusia tersebut sama seperti pohon yang tumbuh besar tetapi tidak berbuah sehingga tidak bermanfaat untuk orang lain.  

العلم بلا عمل كشجرة بلا ثمر

Ilmu tiada amalan bagaikan pohon tidak berbuah

Ngaji Bersama Cak Masykur : Filosofi Pohon Berbuah – Manfaat Mengamalkan Ilmu bagi Generasi
#Ngaji #CakMasykur #TutorialIslam

Laporkan Iklan Tidak Layak: Klik
loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.