Subhanallah! Inilah Sebab Islam Haramkan Kelelawar

0 298

Kelelawar dianggap sebagai penyebar virus baru mengerikan, yang pertama kali kasusnya heboh di Wuhan, China. Virus Corona.

Tahukah sahabat Muslim, epidemi SARS dan MERS disebabkan oleh virus corona dari kelelawar. Satu kelelawar dapat mengampu berbagai virus tanpa membuat mereka sakit.

Kelelawar adalah satu-satunya mamalia terbang yang melahap serangga yang membawa penyakit. Kelelawar juga membantu penyerbukan tumbuhan.

Kelelawar juga hidup berdampingan dengan virus yang dapat menyebar ke hewan lainnya dan juga ke manusia. Ini adalah hal buruk yang menghancurkan. Apalagi jika kelelawar dimakan, maka bahanya semakin dekat.

Mengapa Kelelawar diharamkan? Darimana asal muasalnya?

Haramnya kelelawar justru bermula dari hadits shahih yang diriwayatkan Ibnu Umar. Diceritakan bahwa Rasulullah ﷺ melarang membunuh kelelawar. Kenapa? Karena saat Baitul Maqdis dibakar, kelelawar adalah hewan yang berdoa kepada Allah agar diberi kekuatan bisa menenggelamkan dan melalui sayapnya bisa ikut memadamkan api sehingga Masjidil Aqsha tidak jadi terbakar.

لَا تَقْتُلُوا الضَّفَادِعَ فَإِنَّ نَقِيقَهَا تَسْبِيحٌ , وَلَا تَقْتُلُوا الْخُفَّاشَ فَإِنَّهُ لَمَّا خَرِبَ بَيْتُ الْمَقْدِسِ قَالَ: يَا رَبِّ سَلِّطْنِي عَلَى الْبَحْرِ حَتَّى أُغْرِقَهُمْ

Artinya: “Janganlah kalian membunuh katak. Sesungguhnya kicauannya adalah tasbih. Dan jangan lah kalian membunuh kelelawar. Sebab, ketika Baitul Maqdis dibakar, kelelawar itu berdoa kepada Allah ‘Ya Tuhan kami, kuasakan kami atas lautan sehingga aku bisa menenggelamkan mereka’.” (As-Sunan Ash-Shaghir, juz 4, halaman 59)

Para ulama Syafi’iyyah berpandangan, larangan membunuh suatu hewan, menunjukkan pula keharaman mengonsumsinya. Hewan tersebut tidak mungkin dimakan sebelum terlebih dahulu membunuhnya. Bila membunuh saja diharamkan, tentu memakannya pun juga haram.
Secara tegas, Imam Nawawi dalam kitabnya Al-Majmu’ menyatakan:

وَالْخُفَّاشُ حَرَامٌ قطعا

Artinya: “Kelelawar hukumnya haram secara meyakinkan,” (An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzab, (Dârul Fikr), juz 9, halaman 22).

Sahabat Muslim yang dirahmati Allah, Islam sangat menjaga kesehatan umatnya dengan sejak awal mengingatkan keharaman kelelawar dengan dilarang membunuhnya.

Pada akhirnya, kelelawar bukanlah hewan yang sepenuhnya membawa keburukan. Justru, gaya hidup dan apa yang kita makan juga sangat menentukan. Demi mengurangi penyebaran virus baru di masa depan.

#BelajarIslam #AlQuran #Hadits #Ulama #Doa

#Aqidah #Ibadah #Akhlaq #Wudhu #Sholat #Zakat #Puasa #Haji #Sholawat

Leave A Reply

Your email address will not be published.