TERMASUK GOLONGAN BERTAQWA KALAU BERPUASA?

1 9



#Ngaji #Puasa #Doa

TERMASUK GOLONGAN BERTAQWA KALAU BERPUASA?

Bila seseorang berpuasa dengan motivasi sekadar menggugurkan kewajiban sebagai seorang muslim, maka bisa jadi ia akan menjalani puasanya dengan menahan lapar dan haus saja.

Dan bila seseorang melakukan puasanya dengan tujuan benar-benar ingin mendapat keridloan Allah, maka ia akan menjalaninya sebaik mungkin, tidak hanya sekadar menahan haus dan lapar tapi juga menjaga diri dari perilaku-perilaku tercela yang tidak disukai Allah.

Dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183 Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.”

Inilah sebuah tujuan yang hendak dicapai dari diwajibkannya puasa di bulan Ramadhan. Yaitu ketaqwaan.

Pertanyaannya adalah, apakah dengan berpuasa Ramadhan sebulan penuh maka dengan serta merta seseorang berpredikat sebagai muttaqin, orang yang bertakwa?

Tentu saja tidak. Seorang yang bertakwa tentunya memiliki kriteria tertentu. Bila seorang yang berpuasa memiliki kriteria tersebut maka bisa jadi tujuan berpuasanya telah tercapai. Bila tidak, ya tidak.

Di dalam al-Qur’an ada banyak ayat yang menyebutkan beberapa kriteria orang yang bertakwa. Di antaranya adalah apa yang disebutkan oleh surat Al-Maidah ayat 134:

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“Yaitu orang-orang yang berinfak di saat senang dan susah, orang-orang yang menahan amarah, dan orang-orang yang memberi maaf kepada orang lain. Dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan.”

Ayat di atas menunjukkan tiga kriteria seorang yang bertakwa kepada Allah, yakni mau berinfak di kala suka dan duka, mampu menahan amarah, dan memberi maaf atas kesalahan orang lain.

Lalu, Apa saja hukum-hukum berpuasa? Ngaji terus bersama Cak Masykur

#BelajarIslam #AlQuran #Hadits #Ulama #Doa
#Aqidah #Ibadah #Akhlaq #Wudhu #Sholat #Zakat #Puasa #Haji #Sholawat

Email: maskurudin98@gmail.com
Youtube: https://www.youtube.com/cakMasykur
Facebook: https://www.facebook.com/masykurudin….
Twitter: @Masykurudin
Instagram: @masykurudinhafidz
Like, Share, dan Subscribe Channel Cak Masykur

1 Comment
  1. Ujang Rohman says

    Sangat bermanfaat…jazakallahu khairon ,smoga berkah dan menjadi amal sholeh dengan berbagi ilmu…syukron Cak.🙏

Leave A Reply

Your email address will not be published.