Komentar Wapres Soal Hak Jemaah Haji

34 93



JAKARTA, KOMPASTV Wakil Presiden Republik Indonesia Maruf Amin berkomentar terkait dana jemaah haji yang batal berangkat dalam penyelenggaraan haji tahun 2020 ini.

Menurut, Maruf, dana ibadah haji tersebut merupakan hak dari jemaah haji, termasuk dana subsidi dari pemerintah.

“Mereka kan tidak berangkat karena sesuat hal. Ketika ditunda, haknya tetap seperti yang kemarin. Subsidi pengelolaan dana haji, itu sudah diatur, itu merupakan bagian yang sudah hak dari pada jemaah haji itu”, ujar Wakil Presiden Maruf Amin saat memberikan keterangan pers lewat zoom, (8/6/2020).

Maruf memastikan, dana tersebut tidak akan hilang. Jamaah akan mendapatkan haknya lagi tahun depan.

Namun, apabila jemaah memutuskan untuk tidak berangkat dan menarik dana tersebut, Maruf mengatakan, itu adalah hak para jemaah.

“Kalau dia mau menarik, saya kira hak jamaah. Kalau tidak mau menarik, dananya itu memang dikelolah oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang”

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk tidak memberangkatkan haji tahun 2020.

Keputusan ini diambil lantaran persebaran virus Covid-19 atau virus corona masih belum bisa dikendalikan.

Vaksin dari virus ini, hingga saat ini masih belum ditemukan.

34 Comments
  1. Gunarto Pandora lima says

    Hahaha.jadi wakil presiden mau bicara saja susah…payahh

  2. agus salim says

    Ga menguasai

  3. Muhammad Al-Zaky Sonny says

    Waduh wapres skrg memalukan cara berbicara dan menjawab pertanyaan… Kasian tadinya kami sangat hormat sebagai kyai sepuh tapi luntur sdh rasa hormat kami…

  4. amin sutisna says

    Haha ngomong aja ga jelas

  5. Iskandar Teguh says

    Sehat2 yai…

  6. Orang Awam says

    Ngantri brngkat haji aja bisa 8-10 thn klo dana di tarik ya sama aja sia2.krn yg mendaftar juga bertumpuk tumpuk.

  7. Putra Maulana says

    Semoga aja itu dana haji aman dan tersimpan dengan baik.. Takut nya kaya first travel.. Penjahat nya ke tangkep duit nya masuk ke negri dongeng..

  8. H A says

    Tarik saja berikan rakyat palestina sana yang sangat membutuhkan insyallah di catat haji.

  9. Yans motortraveler says

    Ngomong pie si mbah

  10. Julkarima Julkarima says

    Pake masker.

  11. Muhammad Ibra says

    Biasakan..Tongton dulu baru comen
    Yg baik baik aja comen nya klo bisa .

    Wkwkwk

  12. Adrian Seputro says

    Lohh kita punya wapres toh???
    Ya ampunnn….baru ngeh gw tuu

  13. Efik Zulfikar says

    Mending tidur ajjh ki

  14. Urap Urup Urip says

    Kowah kowoh makruf amin haaaa

  15. Lahmuddin New67 says

    Menarik bicara soal. Sekarang saran saya TARIK semua aja dana HAJI yg masuk melalui BPIH. Sekarang gak usah percaya pemerintah lagi. Kita bentuk pemberangkatan haji mandiri tanpa pake jasa pemerentah lagi. Biar nyahok rezim ini… disuruh mundur gak di gubris !! Setan smua itu

  16. Minang Ko says

    Ampuuun pak kiyaiiii sudah sudah

  17. rumi Qurotu Ain says

    Nih org2 disekitar simakruf pada tahan bgt lihat org macam gini.Mit amit jabang.

  18. agam muzakar says

    Saat mulut mulai di kunci,pasti lidah terasa kelu.

  19. Robby Kurnia says

    🀣🀣🀣🀣

  20. Tulis Komentar says

    Kalau dia mau menarik, saya kira hak jamaah ? Itu sudah sepantasnya.

  21. a l says

    Mereka nabung pake keringat min, kadang sampe mimpi pergi haji, jd bukan duit pemerintah jngan sampe d makan, pasti apesnya balik ke diri lo

  22. Syafruddinlubis Lubis says

    Karena situasi yg tidak tau kapan berakhirny, alangkah baiknya pemerintah mengambil kebijaksanaa untuk mengembalikan seluruh dana jemaah calan haji agar tidak menimbulkan fitnah…

  23. Cindy says

    Kakak kakak semua. Pak Ma'ruf ngomongnya kek gini itu ada faktor usia. Dimana kalau sepuh. Daya ingat menurun. Kita harus maklumi itu. πŸ™. Jangan hujat. Kualat kapok kakak kakak nanti. πŸ™

  24. Imam Mahdi says

    Amin

  25. mister simple says

    Tarik semua tabungan haji..😁,

  26. sutan mangguyang says

    Ngomong aja uda payah

  27. Yerri eka pradana says

    Jgn saya kira. Ya balikin lah!!!!

  28. Mustofa Hayon says

    Wapres ngomong ny blepotan

  29. Tguh1897 Ufficiale says

    Ngomong susah amat ki

  30. Nuryanto Yanto says

    Subsidi gimana dana jamaah

  31. biasa saja says

    Bukanya wakilnya luhut binsar

  32. Yerri eka pradana says

    Wapres sama pres nya ngomonge ora jelas

  33. Heru Pujianto says

    Kamu yang murah senyum memegang perut
    Badanmu semakin tambun memandang langit
    Hari menjelang magrib Pak Tua ngantuk
    Istri manis menunggu, istirahatlah
    Di luar banyak angin

    Nyanyi lagu iwan fals😁

  34. B Chanel says

    Smp lupa kalo kita wapress..
    😁🀭

Leave A Reply

Your email address will not be published.